Penerapan QFD untuk Menetapkan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Maha Vihara Maitreya Medan

Authors

  • Carolina Catherine a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma";}
  • Susanto Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

Keywords:

Quality Function Deployment, House of Quality, Service Quality

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan pada Maha Vihara Maitreya Medan dengan menggunakan metode QFD. Sampel penelitian ini adalah 97 orang pengunjung, dalam menentukan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dan taraf kesalahan 10%. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment dengan matrik House of Quality. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode ini cukup efektif untuk menganalisa kualitas layanan yang ada di Maha Vihara Maitreya. Salah satu atribut yang harus diperbaiki dan ditingkatkan yaitu kesabaran staff dalam melayani pengunjung hingga penampilan staff yang rapi dan bersih sehingga menunjukkan staff yang professional. Disamping itu juga melalui metode penelitian ini juga didapatkan hasil untuk langkah teknis yang perlu dilakukan dan yang diutamakan guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan yang ada di Maha Vihara Maitreya adalah meningkatkan empati staff yang tinggi hingga melakukan training untuk para staff.

References

Febrina, S. (2020). IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK AIR KEMASAN. Universitas Hasanuddin Makassar.

Herman, H., Amrina, E., & Bora, M. A. (2022). Penerapan Quality Function Deployment Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Sigma Teknika, 5(1), 001–011. https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i1.4090

Jamily, M. H. (2018). Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Laundry Thoyyiba Dengan Menggunakan Metode Servqual dan Quality Function Deployment [Universitas Muhammadiyah Gresik]. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Kang, X., Yang, M., Wu, Y., & Ni, B. (2018). Integrating Evaluation Grid Method and Fuzzy Quality Function Deployment to New Product Development. Mathematical Problems in Engineering, 2018, 1–15. https://doi.org/10.1155/2018/2451470

Lestari, R., Wardah, S., & Ihwan, K. (2020). Analisis Pengembangan Pelayanan Jasa Tv Kabel Menggunakan Metode Quality Function Deployment ( Qfd ). Jisi: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 7(1), 57–63.

Mizani, F. A. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERIPIK BUAH SALAK KHAS MALANG dengan MENGGUNAKAN METODE KANO dan QFD (QUALITY FUNGTION DEPLOYMENT). Malang: Universitas Muhammadiyah.

Nanna, S. (2019). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Camat Lappariaja Kabupaten Bone. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Oktavirinaldy, M. R., Hadi, R. M. El, & Dellarosawati, M. (2020). PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN PADA USAHA IBE FURNITUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) IMPROVING. 7(1), 1964–1978.

Putri, J. Y. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Masjid Agung Madani Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan. Riau: Universitas Pasir Pengaraian.

Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.

Sentosa, R., Lahindah, L., & Gandajaya, L. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Quality Function Deployment Pada Modern Laundry Cirebon. Bina Ekonomi, 25(1), 76–94. https://doi.org/10.26593/be.v25i1.5219.76-94

Yuan, J., Zhang, Z. M., Yüksel, S., & Di̇Nçer, H. (2020). Evaluating Recognitive Balanced Scorecard-Based Quality Improvement Strategies of Energy Investments With the Integrated Hesitant 2-Tuple Interval-Valued Pythagorean Fuzzy Decision-Making Approach to QFD. IEEE Access, 8, 171112–171128. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3023330

Published

30-09-2023

How to Cite

Catherine, C., & Susanto, S. (2023). Penerapan QFD untuk Menetapkan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Maha Vihara Maitreya Medan . Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 3(1), 36–42. Retrieved from http://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/321