Pengaruh Harga dan Servicescape terhadap Kepercayaan Pelanggan di Maha Vihara Maitreya Medan

Authors

  • Billy Pramana a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma";}
  • Mangihut Tampubolon Politeknik Cendana

Keywords:

Price, Servicescape, Trust

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga dan servicescape terhadap kepercayaan pelanggan di Maha Vihara Maitreya Medan. Sampel penelitian ini adalah 78 orang nasabah, dalam menentukan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dan taraf kesalahan 10%. Analisis data menggunakan Uji Regresi Berganda, sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan, begitupun servicescape berpengaruh secara parsial terhadap kepercayaan pelanggan, sedangkan secara simultan harga dan servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel harga dan variabel servicescape mempengaruhi variabel kepercayaan pelanggan sebesar 65,8%, sedangkan sisanya sebesar 34,2%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Amran, A., Widjaja, Y. R., & Nuryanti, S. (2019). Service Excellence dan Servicescape: Faktor Dominan Dalam Menciptakan Kepuasan Tamu Hotel. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 44–52. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/135

Bessie, J. L. D., & Boimau, L. Y. T. (2022). Pengaruh Dimensi Servicescape Terhadap Kepuasan Nasabah Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 15(1), 11–29. https://doi.org/10.35508/jom.v15i1.6315

Daud, Q., & Simamora, V. (2022). PERAN SERVICESCAPE TERHADAP TRUST DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI YANG DIMODERASI OLEH PERSONAL. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 7(2), 130–141.

Faizal, H., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.271

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911/31075

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Leninkumar, V. (2017). The relationship between customer satisfaction and customer trust on customer loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4).

Mahendra, K. P., & Indriyani, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. Agora, 7(1). publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/download/7800/7033%0A

Nurfadillah, S. (2018). PENGARUH HARGA JUAL PRODUK DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA PELANGGAN ONLINE DI KOTA JAMBI) [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf

Putra, F. A. D. (2020). Karakteristik Generasi Z di Yogyakarta Tahun 2019. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Putri, E. N. (2018). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan [Malang: Universitas Brawijaya]. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A72

Rivai, A. R., & Wahyudi, T. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Mitra Wacana Media, 4(1), 29–37.

Setiawardani, M. (2021). Peran Servicescape Terhadap Peningkatan Loyalitas Pelanggan (Kajian Empiris terhadap Pelanggan Yumaju Coffee). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 10–21. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2206

Setyawati, D., Kusuma, I. G. N. A. G. E. T., & Jodi, W. G. A. S. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN SERVICESCAPE RUMAH SAKIT TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (STUDI PADA PASIEN POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SILOAM BALI PADA PANDEMI COVID-19). 3(2), 368–377.

Siringoringo, R., & Kurniawan, P. H. (2018). Analisis Nilai Pelanggan, Kualitas Layanan Dan Kebijakan Tarif Listrik Prabayar Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Citra Pln Bright Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(1), 96–108. www.plnbatam.com

Downloads

Published

30-09-2023

How to Cite

Pramana, B., & Tampubolon, M. (2023). Pengaruh Harga dan Servicescape terhadap Kepercayaan Pelanggan di Maha Vihara Maitreya Medan . Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 3(1), 17–21. Retrieved from http://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/320