Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Love Tempe Medan

Authors

  • Wahaudi Pratama a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Sekolah tinggi ilmu manajemen SUKMA";}
  • tasik utama POLITEKNIK CENDANA

Keywords:

Komunikasi dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi Love Tempe, di bagian pelayanan. Metode penelitian menggunakan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara semi-terstruktur dengan 4 (empat) informan dari Customer Love Tempe, Medan, penulis menggunakan teknik Purposive Sampling. Dalam metode analisis data terdapat 3 (tiga) macam aktivitas dalam kualitatif analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam rangka untuk menguji kredibilitas data di penelitian kualitatif, pengujian dilakukan menggunakan metode tringulasi sumber yaitu pengujian kredibilitas data dilakukan dengan periksa silang data yang didapatkan melalui Customer loyal Love Tempe. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi karyawan bagian pelayanan di Love Tempe, sudah bagus tetapi hanya belum  terlalu maksimal. Karena terkadang juga bisa terjadi miskomunikasi antara Customer dan karyawan. Manajemen Love Tempe, memberikan sikap dan prilaku yang baik terhadap Customer maka Customer akan merasa diperhatikan pada saat datang kembali ke  Love Tempe,  Jika dengan berkomunikasi dapat membuat  Customer nyaman  maka terciptalah Customer Loyal  (Kesetiaan dari pelanggan)

References

Arif Rachman Putra, Muhammad Mas Davit Herman Rudiansyah, Didit Darmawan, Rahayu Mardikaningsih, & Ella Anastasya Sinambela. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Fisik, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Lottemart. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i1.436

amriyana samsudin. (2018). strategi komunikasi pemasaran terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank BRI Unit Tamalate Galesong Utara.

Cangara Hafied. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi.

Cahyo, Y. D., Meftahudin, M., & ... (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi terhadap Produktifitas Kerja. Jamasy: Jurnal Akuntansi …, 8(1), 83–92. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/2705%0Ahttps://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/download/2705/1625

Dimas Agung Trislianto. (2020). Metodologi Penelitian : Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah. penerbit andi.

Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.55122/kom57.v1i1.119

Hermanto, S.E., S.Kep., Ns., MM., C. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.

Saifuddin Azwar. (2017). METODE PENELITIAN PSIKOLOGI ED. 2.

Sugiyono, P. D. (2017a). Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono, P. D. (2017b). Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono, P. D. (2018). Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sucihati, S., & Suhartini, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Di Pt. Asuransi Ramayana Serang. Jurnal Manajemen Perusahaan: JUMPA, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.30656/jumpa.v1i1.4563

Tassya Bellinda Putri Kusumadewi. (2018). strategi komunikasi pemasaran Via Via Cafe dalam mempertahankan loyalitas konsumen.

Published

30-09-2023

How to Cite

Pratama, W., & utama, tasik . (2023). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Love Tempe Medan. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 3(1), 49–52. Retrieved from http://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/319