Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di Sutta Cafetaria Medan

Authors

  • Alianto Alianto a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma";}
  • Sutarno Sutarno Politeknik Cendana

Keywords:

Word of Mouth

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Sutta Cafetaria Medan. Sampel penelitian ini adalah 37 pelanggan yang melakukan pembelian 16 Maret sampai 26 Maret 2023 pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Adapun peneliti menggunakan sampling insidental. Analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 22. Hasil uji normalitas untuk variabel kualitas pelayanan, word of mouth dan keputusan pembelian sebesar 0,200 dimana diketahui nilai  tersebut lebih besar dari signifikan standar (a) = 0,05, dapat disimpulkan bahwa data yang di uji berdistribusi normal. Hasil uji linieritas yang dilakukan menunjukkan bahwa antara kualitas pelayanan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan yang linear dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 (lebih kecil 0,05). Hasil uji korelasi yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai korelasi antara kualitas pelayanan sebesar 0,466 dan word of mouth sebesar 0,675 yang berarti kualitas pelayanan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan korelasi yang (cukup) dan (kuat). Hasil uji regresi linear berganda yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai konstanta adalah sebesar 18,139 yang menunjukan pengaruh positif pada variabel independent (X1 dan X2).  Sedangkan nilai koefisien regresi kualitas pelayanan variabel X1 sebesar 0,022. Artinya jika variabel X1 mengalami kenaikan 1 satuan maka, Y akan mengalami peningkatan sebesar 0,022 atau sebanyak 2,2%. Adapun nilai koefisien dari regresi word of mouth variabel X2 sebesar 0,861. Artinya jika variabel X2 mengalami kenaikan 1 satuan maka, Y akan mengalami peningkatan sebesar 0,861 atau sebanyak 86,1%. Hasil uji koefisien determinasi yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian berpengaruh sebesar 67,5%, sedangkan sisanya sebesar 32,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis pada penelitian ini.

References

Amaliyah, N. A. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Apotek Adam Wage Sidoarjo. Jurnal Manajemen, 4.

Andika, A., & Susanti, F. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang. INA-Rxiv, 1–12.

Astuti, R., & Hasbi, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 127–135. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/scenario/article/view/1170

Bahy, D. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Di J&T Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7, 1–15.

Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 85–104.

Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(April), 94.

Dewi, R. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2), 146–156. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4511

Febriyani, N. L. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Apotek Klinik Husada Mulia Kabupaten Lumajang. INSTITUTIONAL RESPOSITORY STIE WIDYA GAMA LUMAJANG.

Herawati, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Hijrah Insan Karima. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Idham, E. R., & Suhardi. (2020). Pengaruh Promotion , Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Ekuivalensi, 6(2), 297–311.

Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Merentek, Y. F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5, 2841.

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada CV. XP Computer, Boyolali). EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 1, 14–24. https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.262

Putro, A. S. (2018). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Bandeng Pak Elan 2 Gresik. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(10), 1–21.

Siregar, S. (2017). Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitatif. PT. Bumi Aksara.

Sugiyono, P. D. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono Ph.D., F., & Chandra, G. (2019). Service Quality & Customer Satisfaction (5th ed.). Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Pelanggan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal Of Management, 7(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Zainullah, Supriyanto, A. S., & Siswanto. (2021). Pengaruh Word of Mouth Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Anggota Di Ksps Bmt Ugt Sidogiri Cabang Pamekasan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 317–326. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7419

Published

30-09-2023

How to Cite

Alianto, A., & Sutarno, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di Sutta Cafetaria Medan . Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 3(1), 11–16. Retrieved from http://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/317