Analisis Personal Sales Promotion Terhadap Penjualan Produk di Fortunate Coffee Cemara Asri

Authors

  • novia tjandra a:1:{s:5:"en_US";s:35:"sekolah tinggi ilmu manajemen sukma";}
  • Supriyanto Politeknik Lp3i

Keywords:

Personal Selling, Sales Promotion, Volume Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana strategi pemasaran dengan Personal Sales Promotion yang dilakukan oleh Fortunate Coffee  Cemara Asri Medan. Penurutan volume penjualan secara drastis Fortunate Coffee pada tahun 2020 karena pemerintahan melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Peraturan ini membuat banyak aktivitas yang terganggu terutama dalam kesinambungan bisnis. Sampel penelitian ini adalah 30 orang pelanggan dengan rata-rata kunjungan lebih dari 2 kali. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner serta melakukan observasi berperan serta. Sedangkan skala pengukuran atau pengolahan data yang digunakan untuk mengukur kuesioner adalah skala likert. Dengan menjabarkan indikator variabel dengan menggunakan angka, kemudian dihitung presentasenya dan dituangkan kembali dalam bentuk kalimat. Dari data yang diteliti dapat disimpulkan bahwa, sebanyak 19,51% responden merasa harga produk sesuai dengan kualitas harga, sebanyak 18,27% responden merasa bahwa Fortunate Coffee mengutamakan kebutuhan dan kenyamanan pelanggan, sebanyak 16,77% responden yang merasa bahwa program loyalitas yang diberikan dapat mempererat hubungan.

References

Agus Hermawan. (2020). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Alisan & Sari. (2018). Pengaruh Personal Selling Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fitting Pipa (Elbow) Pada Pt. Sekawan Abadi Teknik Medan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan.

Amstrong, K. P. dan. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi ke Tujuh (S. Empat (ed.); Edisi Ke t).

Dhian Permata Abrori. (2020). Analisis Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Jasa Master Wash Laundri Di Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram. Mataram.

Esterlina Hutabarat. (2020). Pengaruh Promosi Personal Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan. Universitas Methodist Indonesia.Medan.

Firth Willy Thomas. (2018). Pengaruh Personal Selling dan promosi penjualan terhadap efektifitas penjualan ban sepeda motor PT.Mega Anugrah Motor. Jurnal Bisnis Kolega, Vol 6 No.

Fitriyani solihah. (2021). Pengaruh Personal Selling dan promosi penjualan terhadap efektifitas penjualan ban sepeda motor PT.Mega Anugrah Motor. Jurnal Sains Manajemen Akuntansi.

Kotler, & Amstrong. (2018). Principles of Marketing (Global Edt).

Laksana, F. (2019). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Graha Ilmu.

Lymm, M. (2021). Pengaruh Personal Selling,Sales,Promotion dan Distribusi terhadap keputusan pembelian pada PT.Superindo karya gemilang Batam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 4 No.

Opan Arifudin. (2021). Pengaruh Penjualan Personal dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan di Dealer Kamera digital Panasonic dikota Bandung. Management Insight: Jurnal Ilmiah Manjemen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 15 No.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta,cv.

Thalia Almiranda. (2019). Analisis Pendekatan Personal Selling dalam Meningkatkan Tenant Enggagement di BTC Fashion Mall.

Thiaz Zirdan Koswara. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan dan Personal Selling terhadap Pengambilan Keputusan Kredit Tanpa Agunan (Vol 3 No.).

Tjiptono dan Anastasia Diana. (2020). Pemasaran. Andi.

Downloads

Published

30-09-2023

How to Cite

tjandra, N., & Supriyanto. (2023). Analisis Personal Sales Promotion Terhadap Penjualan Produk di Fortunate Coffee Cemara Asri. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 3(1), 5–10. Retrieved from http://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/313