Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Word of Mouth Terhadap Volume Penjualan di Rumah Makan Mari Mampir Vegetarian Medan
Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Word of Mouth, Volume PenjualanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah komunikasi pemasaran dan Word of Mouth berpengaruh terhadap volume penjualan pada rumah makan mari mampir vegetarian Medan. Komunikasi Pemasaran (marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual (Marcia, 2019). Word of Mouth adalah Kegiatan pemasaran melalui perantara orang ke orang baik secara lisan, tulisan, maupun lewat alat komunikasi elektronik yang terhubung internet yang didasari oleh pengalaman atas produk atau jasa (Kotler dan Keller, 2009 (Joesyiana, 2018)). Sedangkan Volume penjualan adalah barang yang terjual dalam bentuk uang untuk jangka waktu tertentu dan didalamnya mempunyai strategi pelayanan yang baik (Kotler (Widyawati & Damayanti, 2019)).Pada penelitian ini Sampel yang didapatkan berjumlah 50. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komunikasi pemasaran dan variabel word of mouth tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap volume penjualan di Rumah Makan Mari Mampir Medan.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Word of Mouth, Volume Penjualan
References
Afganshari, P. I. (2021). Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan.
Ardriansyah, M. A. (2018). Pengaruh Harga , Promosi dan Kualitas Produk Terhadap volume penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah Binaan Dinas Koperasi Usaha Mikro Dan Tenaga Kerja Kota Kediri. 8–30.
Delima, M. K., & Humaidi, M. A. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Buku Oleh Masyarakat Pada Gramedia Banjarmasin Veteran. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31602/jm.v3i1.3526
Hanafi, A., & Wahab, Z. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Perpanjangan Sewa Penyewa Kios Di Palembang Square Mall (Ps Mall). Jurnal Manajemen, 20(3), 488–506. https://doi.org/10.24912/jm.v20i3.20
Huriyandah, N. (2019). Pengaruh Volume Penjualan, Harga Jual Dan Jumlah Jenis Bunga Terhadap Pendapatan Pedagang Kios Bunga Potong Di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat. Skripsi, 1, 105–112.
Ismail, I. M., & Sulistijanti, W. (2018). Peramalan Jumlah Tamu Dan Pengunjung Dinner Hotel Mega Bintang Sweet Kabupaten Blora Dengan Pendekatan Arima. Prosiding Seminar Nasional & …. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4089%0Ahttps://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/viewFile/4089/3799
Kumalasari, N. R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Di Toko Ismart Dan Indomaret Ponorogo. Kajian Dan Riset Manajemen Profesional, 3(2), 65–78.
Laras Prastianty Ramli, R. A., Nur Agustiani, I., & Yanto Batara Silalahi, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap di Travelodge Hotel Batam. Tourism Scientific Journal, 7(1), 97–112. https://doi.org/10.32659/tsj.v7i1.153
Lestari, N. T., & Sirine, H. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Gojek Indonesia Cabang Yogyakarta. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.15408/ess.v9i1.5898
Mahendra, A. (2018). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION) TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. LA GENIUS INTERNATIONAL GROUP CABANG MEDAN.
Marcia, S. (2019). Pengaruh komunikasi pemasaran terhadap volume penjualan produk HPAI (Studi Pada Stockis Kota Bengkulu).
Mashuri, M., & Mardianis, N. (2020). Pengaruh Jumlah Pelanggan Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada Perusahaan Daerah Air Minum Di Kota Bengkalis. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 4(1), 83–94. https://doi.org/10.46367/jas.v4i1.220
Murwati, D. M., & Wuryaningsih, D. L. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kunjungan Wisatawan Domestik Ke Kota Karanganyar. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75011
Nurhidayat. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Kopi Borong Pada CV. Berkat Asia Kabupaten Sinjai. Skripsi, 17–19.
Putra, F. D. (2019). Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Laba Pada Hidayah Shop Kuta-Badung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 462. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20127
Rizky, A., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Indihome (Studi Kasus Pada Pt Telekomunikasi Indonesia, Tbk Cabang Gegerkalong Bandung Tahun 2017) the Influence of Integrated Marketing Communication To Purchase Decision Pr. E-Proceeding of Applied Science, 3(2). www.telkom.co.id,
Ruspiyadi. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pertalite Bbm Non Subsidi Di Spbu 25 Group Kabupaten Cilacap. Skripsi, 1–88. http://repo.stiemuhcilacap.ac.id/12/1/COVER SKRIPSI DEPAN.pdf
Tanjung, R. P. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Pt Beiersdorf Indonesia Cabang Palembang (Nivea) Dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat Kelurahan Sako Kecamatan Sako Kota Palembang. Repository UIN Raden Fatah Palembang, 18–40.
Widyastuti, sri. (2017). manajemen komunikasi pemasaran terpadu. In Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing. https://doi.org/10.1300/j054v03n02_03
Widyawati, N., & Damayanti, E. (2019). Harga, Promosi dan Keamanan Barang terhadap Volume Penjualan Jasa Forwarding. Book Chapter: Pendidikan, 3, 563–580. http://manajemen.fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/Artikel-Book-Chapter-SNMPB1-2019-No-40-Nur-Widyawati-Elsha-Damayanti.pdf
Wijaya, R. T. (2020). Pengaruh komunikasi pemasaran terpadu (Intergrated Marketing Communication) terhadap citra merek (brand Image) pada PT. Telkomsel.
Zainuddin, M. Z., Lianti, H., & M., S. H. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu, Citra Perusahaan Operator Seluler Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Lbc Kendari. Sultra Journal of Economic and Business, 1(1), 56–65. https://doi.org/10.54297/sjeb.vol1.iss1.125
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 sumiyati sumiyati, Hengky Kosasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.